Gedung Pencakar Langit


Siapa yang tidak mengetahui Burj Khalifa gedung pencakar langit tertinggi di dunia,  Burj Khalifa yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) memiliki tinggi mencapai 828 meter.
Gedung pencakar langit ini disebut juga sebagai kota vertikal dengan apartemen mewah dan kantor di dalamnya. Sedikitnya empat kolam renang, perpustakaan pribadi dan sebuah hotel yang dirancang oleh Giorgio Armani.

Pencetus ide pembangunan gedung ini adalah Sheikh Mohammed bin Rashid
Al Maktoum, penguasa Dubai ini pada awalnya memberi nama untuk calon
gedung tertinggi di dunia dengan nama Burj Dubai, namun namanya diubah untuk menghormati penguasa Abu Dhabi dan Presiden UEA, Khalifa bin Zayed Al Nahayan.

Arsitek asal Chicago Adrian Smith merupakan orang yang terkenal lewat rancangan gedung pencakar langit yang ekstrim, termasuk gedung tertinggi di dunia saat ini: Burj Khalifa di Dubai dengan tinggi 2.722 kaki atau sekitar hampir 850 meter.

Kingdom Tower akan memiliki 59 elevator, dimana lima dari jumlah tersebut merupakan elevator double deck, sehingga dapat berhenti di dua lantai sekaligus. Bangunan ini akan memiliki 157 lantai occupiable dan menggunakan sekitar 80.000 ton baja.

 Pondasi dari Gedung Tertinggi di Dunia bernama Khalifa ini merupakan bagian yang sangat penting untuk menopang berat gedung dan mencegah gedung runtuh atau tenggelam ke dalam tanah. Pondasi dari Burj Khalifa terbuat dari 12.500 beton kualitas tinggi, dengan 192 tiang yang berdiameter 1,5 meter.
Burj Khalifa ini juga dirancang untuk menahan gempa hingga kekutan mencapai 6 skala Richter. Burj Khalifa dilengkapi dengan peredam di setiap lantai jika terjadi gempa atau angin kencang yang membuat gedung bergetar. Peredam tersebut memungkinkan gedung bergetar akibat gempa, tanpa menyebabkan kerusakan.

Fakta-fakta menarik gedung Burj Khalifa diantaranya
1.  Menara Burj Khalifa Dubai ini memiliki ketinggian gedung melebihi tinggi monumen nasional (monas), dua kali lebih tinggi dari gedung Empire State dan tiga kali lebih tinggi dari menara Eiffel.

2. Burj Dubai  memecahkan rekor sebagai struktur bangunan tertinggi di dunia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN SOAL-SOAL UTS SEMESTER GANJIL

Bank Soal Ujian Semester Genap 2024

BANK SOAL HMTS