Perpustakaan Kidz Zaman Now

    Soeman HS, Perpustakaan Jaman “ Now ”

Perpustakaan Soeman HS terletak di jalan jend. Sudirman no. 462 Pekanbaru, perpustakaan ini dikelola oleh Badan Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Provinsi Riau dan diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla pada 28 Oktober 2008. Dibangun oleh Pemerintah Provinsi Riau dalam APBD Riau yang dianggarkan lebih dari 150 milyar dalam Gerakan Riau membaca. Perpustakaan ini mempunyai 6 lantai guna memenuhi kebutuhan publik Riau akan sarana membaca, dan benar-benar menjadi salah satu landmark kota Pekanbaru, apalagi lokasinya juga sangat strategis berdampingan dengan gedung kantor Gubernur Riau.
    Perpustakaan ini menggunakan konsep transformasi modren arsitektur. Hal ini dapat dilihat dari dari luar, Perpustakaan Soeman HS terlihat seperti alas baca Al-Quran yang diatasnya seperti ada buku yang sedang terbuka. Mungkin nuansa islam sengaja munculkan oleh sang arsitek, Tri Handini,  mengingat Provinsi Riau memang kental akan budaya islam. Dan dari konstruksi yang digunakan dalam pembuatan bangunan menggunakan baja konstruksi, ini dapat dilihat dari pilar-pilar yang menahan lengkungan atap bangunan.

   Nama Soeman HS sendiri terinspirasi oleh sastrawan dan pendidik asal Riau keturunan Tapanuli, yaitu Soeman Hasibuan yang lahir di bengkalis, Riau pada tanggal 4 April 1904 dan wafat pada tanggal 8 mei 1999 di Pekanbaru, Riau. Beliau merupakan sastrawan nasional angkatan pujangga baru Riau yang begitu fenomenal dikalangan masyarakat. Tentunya sangat pantas apabila nama beliau diabadikan sebagai bentuk terima kasih atas jasa-jasa beliau dalam bidang seni dan pendidikan. 


Menjadi terbaik se-asia tenggara
For your information, Perpustakaan Soeman HS yang dinilai merupakan desain arsitektur perpustakaan terbaik se-ASEAN. Bahkan Perpustakaan Soeman HS ini mengalahkan 19 peserta dari 8 negara asia tenggara dalam kegiatan ASEAN yang bertajuk Citation of Excellent Architectural Design Reflecting East ASEAN Identity, atau Lomba Desain Arsitektur Asia Timur dapa tahun 2015 yang lalu . Kegiatan ini dimaksudkan sebagai forum untuk saling tukar menukar gagasan antar komunitas di kawasan Asia Timur melalui lomba desain arsitektur yang mencerminkan identitas Asia Timur. Perpustakaan ini mempunyai fasilitas yang lengkap mulai dari public library, children library, student library, educational room, auditorium, atrium, meeting room, discussion room, , bilik budaya melayu, audio visual room,CCTV, internet room,Wifi disetiap ruangan, kantin, cafe, musholla,dan toilet ala hotel bintang 5. Karena keunggulan ini perpustakaan Soeman HS menjadi E-Pilot National Project percontohan Perpustakaan se-Indonesia.
Kalau mampir kesini, jangan lupa ajak doi yaa....





Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN SOAL-SOAL UTS SEMESTER GANJIL

Bank Soal Ujian Semester Genap 2024

BANK SOAL HMTS