Bendungan Terbesar Saat ini ? Katanya !

Three Gorges Dam

Three Geoges Dam (Bendungan Tiga Ngarai) merupakan bendungan terbesar di dunia saat ini. Bendungan yang berada di Chhina ini pertama kali diusulkan oleh Sun Yat-Sen yang mana merupakan bapak China Modern. Menurutnya, Three Gorges Dam merupakan cerminan keberhasilan ekonomi negara China dan merupakan proyek terbesar di China sejak dibangunnya Tembok Raksasa China.

  Bendungan dengan panjang 2.3 km ini dibangun menyeberangi Sungai Yangtze, China. Proyek ini dalam pembangunannnya banyak menuai pro dan kontra, terutama dari para ahli geologi, ahli biologi dan pemerhati lingkungan.

    Three Gorges Dam mulia beroperasi pada kapasitas penuh pada hari Rabu 4/07/2012 dengan 32 generator turbin, yang mana generator pertama mulai beroperasi pada tanggal 10 Juli 2003. Proyek Three Gorges Dam diluncurkan pada tahun 1993 dengan total anggaran pembangunan 22,5 miliar dollar AS. Bendungan ini menghasilkan listrik dengan kapasitas 22500 MW mengalahkan PLTA Itaipu di perbatasan Brazil, yang selama ini menyandang predikat sebagai PLTA terbesar di dunia.

Fungsi Dan Manfaat Bendungan Three Gorges Dam
1. Pengendalian Banjir
  Pengendalian banjir merupakan alasan utama dibangunnya Three Gorges Dam ini. Terhitung selama abad ke-20 saja telah terjadi lima kali banjir besar yang menewaskan total 327.394 jiwa, menghancurkan lebih dari 3 juta hektar lahan pertanian, rumah-rumah penduduk dan jutaan penduduk terkena dampak banjir tersebut.Tentunya diharapkan setelah bendungan ini sukses beroperasi dan terbukti dapat mengendalikan banjir, tidak ada lagi kerugian materi dan biaya jutaan dollar yang harus dikeluarkan untuk recovery pasca banjir.

2. Clean Energy Production
   Disamping Bendungan terbesar didunia, The Three Gorges Hydropower Plant (TGHP) merupakan yang terbesar di dunia, menghasilkan listrik dengan kapasitas 22,500 MW, mengalahkan pembangkit listrik Itaipu di perbatasan Brazil-Paraguay (12,500 MW) yang selama ini menyandang predikat yang terbesar di dunia. Berikutnya yang termasuk jajaran lima besar pembangkit listrik terbesar di dunia  adalah Guri di Venezuela (10,300 MW), Grand Coulee di U.S. (6,809 MW) dan Sayano-Shushensk di Russia (6,400 MW). Dengan kapasitas sebesar itu, TGHP akan memasok kurang lebih 10% dari total ketersediaan energi di Cina.

3.  Manfaat Ekonomi
   Pembangunan The Three Gorges Dam juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pelayaran di sungai Yangtze, memperluas jangkauan pengiriman barang dan rute pelayaran ke daratan Cina. TGD juga akan menciptakan akses langsung dari Samudra Pasifik ke daratan Cina, sehingga kapal-kapal besar akan dapat langsung menuju daratan Cina dengan populasi yang besar sehingga pada akhirnya akan menyebabkan munculnya pasar baru, penciptaan lapangan kerja, dan vitalitas ekonomi.

4. Transfer Teknologi
 Transfer teknologi akan membawa manfaat yang sangat besar walaupun berupa intangible benefit. Dalam proses pembangunannya, TGD banyak melibatkan vendor-vendor besar Eropa diantaranya Alstom, ABB, Kvaerner, Voith General Electric dan Siemens yang bekerja sama dengan perusahaan Cina yaitu Harbin Power Equipment and Dongfang Electrical Machinery. Faktanya baru-baru ini, Harbin Harbin Electric Machinery, berhasil memproduksi ultra-critical steam generator turbine dengan kapasitas 1000 MW yang diproduksi di Cina.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KUMPULAN SOAL-SOAL UTS SEMESTER GANJIL

Bank Soal Ujian Semester Genap 2024

BANK SOAL HMTS